About

Saturday, 21 February 2015

PELUANG BUSINESS DI BIDANG E-COMMERCE

Abstraksi 
E-Commerce, Istilah yang satu ini tampaknya kian akrab di telinga masyarakat, khususnya mereka yang bergelut di dunia bisnis. Berbagai tulisan di media cetak maupun seminar dan diskusi digelar untuk mengupasnya. E-Commerce seringkali didefinisikan sebagai jual beli barang dan jasa melalui medium elektronik, khususnya melalui internet.
Salah satu contoh adalah penjualan produk secara online melalui internet seperti yang dilakukan webStore Kompas Cyber Media. Sebenarnya ada banyak definisi mengenai E- Commerce. Tetapi yang pasti, setiap kali masyarakat berbicara tentang E-Commerce, mereka biasanya memahaminya sebagai bisnis yang berhubungan dengan internet. E-Commerce juga dikenal sebagai E-Bisnis.
Dizaman sekarang ini persaingan bisnis semakin ketat.Perusahan-perusahan mulai sadar akan pentingnyaa pelayanan yang diberikan kepada konsumen, karena ini dapat meningkatakan penjualan.Perusahan-perusahaan mulai melakukan inovasi bisnisnya .E-Commerce merupakan peluang bisnis yang dapat meningkatkan pelayanan dan dengan E-Commerce ini dapat meningkatkan penjualan,tenaga kerja,promosi.
Sangat banyak kemudahan yang bisa didapatkan didalam bisnis E-Commerce ini, namun selain adanya kemudahan tentunya juga ada kekurangan dalam bisnis E-Commerce ini..  
       
Keyword : webStore, Cyber Media,  E-Commerce, E-Bisnis


Peluang Bisnis E-Commerce
E-Commerce atau electronic commerce adalah bagian dari e-lifestyle yang memungkinkan transaksi jual beli dilakukan secara online dari sudut tempat manapun di dunia, sepanjang dapat mengakses internet. Meminjam definisi dari beberapa sumber, E-commerce dapat diartikan sebagai:
• Berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui internet, khususnya World Wide
   Web (whatis.com)
• Suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media
   komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson)
• Menjual barang dagangan dan/atau jasa melalui internet (E-commerce Net) .

Keuntungan yang didapat di dalam bisnis E-commerce juga dibagi menurut pelaku bisnisnya, seperti  :

Manfaat e-commerce bagi konsumen :
• Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24
  jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
• Electronic commerce meemberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan; mereka bisa memilih berbagai
   produk dari banyak vendor.
• Electronic commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan
  cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
• Dalam beberapa kasus, khususnya pada produk-produk yang digitized, EC menjadikan pengiriman
  menjadi sangat cepat.
• Pelanggan bisa menerima informasi relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggi.
• Electronic commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya (virtual auction).
• Electronic commerce memberi tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di
  electronic community dan bertukar pikiran serta berbagai pengalaman.
• Electronic commerce memudahkan persaingan, yang pada akhirnya akan menghasilkan diskon secara
  substansial.

Manfaat e-commerce bagi masyarakat :
• Electronic commerce memungkinkan orang untuk bekerja di dalam rumah dan tidak banyak keluar untuk
  berbelanja, akibatnya ini akan menurunkan arus kepadatan lalu lintas di jalan serta mengurangi polusi
  udara.
• Elctronic commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan harga lebih rendah, sehingga
  orang yang kurang mampu bisa membeli lebih banyak dan meningkatkan taraf hidup mereka.
• Electronic commerce memungkinkan orang di negara-negara Dunia ketiga dan wilayah pedesan untuk
  menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa EC. Ini juga termasuk peluang
  untuk belajar berprofesi serta mendapatkan gelar akademik.
• Electronic commerce memfasilitasi layanan publik, seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan
   pemerataan layanan sosial yang dilaksanakan pemerintah dengan biaya yang lebih rendah, dan / atau
  dengan kualitas yang lebih baik. Layanan perawatan kesehatan, misalnya, bisa menajangkau pasien di
  daerah pedesaan.

Manfaat e-commerce bagi bisnis :
• Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.
• e-commerce menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan yang melakukan
  bisnis diinternet akan mengurangi biaya tambahan karena biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan
   pelayanan pelanggan (customer service), jika dibandingkan dengan jenis bisnis tradisional.

Secara ringkas manfaat / keuntungan e­commerce tersebut adalah sebagai berikut :
• Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
• Bagi Pengelola bisnis: efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu
• Bagi Manajemen: peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.

Sesuatu didunia ini memang tidak ada yang sempurna, dibalik keuntungan-keuntungan diatas ada juga beberapa kelemahan dan permasalahan pada E-COMMERCE, yaitu :
Keterbatasan Teknis e-commerce :
• Ada kekurangan sistem keamanan, kehandalan, standar, dan beberapa protokol komunikasi
• Ada bandwidth telekomunikasi yang tidak mencukupi
• Alat pengembangan perangkat lunak masih dalam tahap perkembangan dan sedang berubah dengan cepat
• Sulit menyatukan perangkat lunak Internet dan EC dengan aplikasi dan database yang ada sekarang ini .
• Vendor-vendor kemungkinan perlu server web yang khusus serta infrastruktur lainnya, selain server
   jaringan
• Beberapa perangkat lunak EC mungkin tidak akan cocok bagi hardware tertentu, atau tidak bisa dipasang
  bersama dengan beberapa sistem pengoperasian atau komponen- komponen lain.  

Keterbatasan Non Teknis e-commerce :
• Biaya dan justifikasi.  (34.8 % dari responden). Biaya pengembangan EC dalam rumah bisa sangat tinggi,
  dan kekeliruan yang disebabkan oleh kurangnya pengalaman bisa mengakibatkan adanya delay
  (penangguhan).
• Sekuritas dan privasi. ( 17 ,2 %). Kedua isu ini penting, khususnya di wilayah B2C, lebih khusus lagi isu
  sekuriti yang dipandang serius dibanding yang sebenarnya bila diterapkan inskripsi yang tepat.
  Ukuran-ukuran privasi secara konstan bisa diperbaiki. Tetapi, pelanggan memandang issu ini sebagai
  persoalan sangat penting, dan industri EC memiliki tugas jangka panjang dan berat untuk meyakinkan
  pelanggan bahwa transaksi online dan privasinya, sesungguhnya sangat aman.
• Sedikit kepercayaan dan resistensi pemakai (4,4 %). Pelanggan tidak mempercayai penjual tanpa wajah
   yang tidak mereka kenal (kadang-kadang mereka tidak percaya bahkan meskipun sudah mengenalnya),
   transaksi tanpa kertas, dan uang elektronis. Karena itu pergeseran dari toko fisikal ke toko virtual
   kemungkinan menghadapi kesulitan tersendiri .
             
Sumber:
http://indoskripsionline.wordpress.com/category/peluang-usaha-e-commerce/
http://ikhsan-ai.it-kosongsatu.com/2010/05/manfaat-e-commerce-dan-kelemahannya/
http://research.amikom.ac.id/index.php/KIM/article/view/3624

0 comments:

Post a Comment